Inilah Bahaya Pencemaran Suara Bagi Kesehatan Manusia

Pencemaran suara bukan berarti bahwa suara yang didengar jelek ataupun yang lainnya. Akan tetapi pencemaran ini mempunyai sifat yang luas dan seringkali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya ada beberapa orang yang tidak memperhatikannya, padahal apabila pencemaran tersebut dibiarkan pastinya akan memberikan efek yang cukup berbahaya, khususnya bagi kesehatan. Dengan ini infoana berbagi berita penting tentang bahaya dari pencemaran suara.

https://infoana.com/

Bahaya Pencemaran Suara

Walaupun pencemaran suara ini dianggap sebagai hal yang sepele dan biasa, namun ternyata mampu memberikan dampak yang cukup buruk bagi kesehatan. Terlebih lagi apabila Anda setiap hari harus terpapar dengan polusi tersebut, maka bisa menimbulkan beberapa hal negatif rangkuman infoana seperti berikut ini:

  1. Gangguan Mental

Jika seseorang terus-menerus mendengarkan suara yang keras, lambat laun bisa menimbulkan gangguan panik, bahkan sampai gangguan mental seperti frustasi. Untuk ke-2 penyakit tersebut masuk dalam kriteria gangguan mental.

Walaupun hal ini tidak terdengar secara serius, namun gangguan frustrasi atau panik bisa menimbulkan bahaya jika dibiarkan secara terus menerus. Selain itu memperoleh suara yang keras setiap harinya bisa menimbulkan perilaku agresif. Sehingga menimbulkan gangguan tidur, stres, kelelahan dan hipertensi.

  1. Menurunkan Konsentrasi

Jika berada dalam kondisi yang bising dengan suara yang keras, pastinya diri seseorang akan sulit untuk berkonsentrasi. Hal ini dikarenakan otak manusia bisa turun sehingga daya konsentrasi seseorang berkurang. Sebaiknya jangan biarkan hal ini berlangsung lama karena dapat berakibat frustasi dan gangguan panik.

  1. Penyakit Jantung

Suara yang terlalu keras ternyata juga memicu pikiran yang stres, sehingga mampu menjadikan aliran darah menjadi tidak normal. Jika tekanan darah tinggi atau hipertensi maka bisa meningkatkan denyut jantung yang berakibat diri seseorang menderita penyakit jantung.

  1. Tinnitus

Suara yang terlalu bising dan keras juga dapat menimbulkan hal negatif seperti tinnitus, yaitu gejala telinga berdenging yang menimbulkan rasa sakit dan jika kondisinya parah maka dapat mengganggu aktivitas seseorang. Kondisi seperti ini biasanya telinga akan mengeluarkan suara seperti berdengung. Sehingga menjadikan ketidaknyamanan.

Telinga manusia mempunyai bagian yang dinamakan gendang telinga. Jika mendapatkan suara yang terlalu keras dapat merusak gendang telinga dan menyebabkan tulang tengah telinga bergeser. Jika hal ini terjadi pastinya sensitifitas telinga bisa terganggu. Suara ataupun bunyi yang dikeluarkan memang bersifat bising namun terkadang juga tidak bisa ditoleransi. Maka dari itu infoana tekankan kalian harus berhati-hati dalam mengeraskan suara apapun. Lihat sekitar kalian.

Uncategorized