Inilah Tips Terbaik Membuat Surat Lamaran Kerja Supaya Disukai Staff HRD

Selain pembuatan CV maka pembuatan surat lamaran kerja pun menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh para pelamar kerja. Banyaknya pesaing yang berada di luar sana memungkinkan kita harus membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Melalui beragam contoh surat lamaran kerja yang telah tersedia pastinya bisa menginspirasi siapapun. Meskipun kelihatannya begitu sepele ternyata banyak hal yang perlu kita simak. Hal ini bertujuan supaya bagian staff HRD perusahaan menyukai surat amaran kerja yang sudah kita buat.

www.masukuniversitas.com

Supaya anda mampu menghindari beragam kesalahan ketika membuatnya. Ada baiknya simak saja beberapa tips penting berikut ini:

  • Jangan menuliskan ulang informasi yang berada di CV

Banyaknya contoh surat lamaran kerja yang sudah tersedia tentunya memudahkan anda dalam pembuatannya. Usahakan untuk tidak mengulangi beragam informasi yang sudah tertera pada CV. Biasanya dalam surat lamaran kerja mencantumkan detail mengenai diri anda. Entah itu secara personal bahkan juga professional. Ada baiknya persingkat bahkan rangkum dengan baik menggunakan kata yang menarik. Jadi anda bisa mempromosikan diri mengenai prestasi yang dimiliki pada surat lamaran kerja tersebut.

  • Memperhatikan bagian paragraf pembuka sekaligus penutup

Bukan hanya bagian isi surat yang perlu diperhatikan oleh pelamar kerja. Namun pada bagian paragraf pertama sekaligus terakhir juga menjadi hal penting yang biasanya terlupakan. Pastikan dalam penulisan paragraf pembuka ini menggunakan bahasa langsung pada pokok pembahasan. Sedangkan untuk paragraf terakhirnya tentu saja bisa menunjukkan rasa keseriusan anda dalam melamar pekerjaan.

  • Hindarilah menulis semua pengalaman maupun skill

Biasanya dalam penulisan surat lamaran kerja harus dibuat singkat, padat dan jelas. Inilah mengapa bagian HRD paling tidak suka dengan hal bertele-tele. Apalagi jika anda menuliskan terlalu banyak skill maupun pengalaman. Cukuplah mencantumkan beberapa keahlian sesuai dengan formasi yang sedang dilamar. Jadi pembaca pun lebih terfokus bahkan merasa tertarik dengan surat lamaran kerja yang sudah anda buat.

  • Sebetulnya masih banyak sekali tips menarik yang lainnya dalam pembuatan surat lamaran kerja supaya disukai bagian HRD perusahaan. Di atas hanya beberapa saja yang mungkin menjadi inspirasi bagi siapapun. Semoga saja dengan kehadiran beragam contoh surat lamaran kerja yang telah tersedia juga membuat siapapun tertarik. Jadi pembuatan surat pun bisa diterima oleh perusahaan.

 

Bisnis